Sabtu, 29 November 2014

Panzerkampfwagen VI

Tiger Tank 1 atau Panzerkampfwagen VI adalah salah satu tank dalam jajaran arsenal the reich yang namanya melambung bak roket yang diluncurkan keluar angkasa.  semua ini karena karakter, kemampuan, dan kiprah tank yang satu ini di seantero peperangan cukup membuat pusing tujuh keliling.
Desain Tiger menekankan pada kekuatan tembakan meriam dan keandalan lapis baja dengan mengorbankan mobilitas. Ketebalan lapis baja bagian depan berkisar 10-11 cm dan sekira 8 cm untuk bagian samping dan belakang. Sedang untuk bagian atas dan bawah jauh lebih tipis dengan ketebalan 2.5 cm. Sambungan baja dilas dengan mutu tinggi, bukan sekedar memakai rivet seperti model yang lain.

Dengan lapis baja yang begitu tebal, berat Tiger bisa mencapai 56.9 ton. Dengan bobot raksasa, maka tank ini akan terlalu berat untuk sebagian besar jembatan. Itu sebab, Tiger dirancang untuk mampu menyelam hingga kedalaman 4 meter. Ini tentu saja membutuhkan mekanisme yang rumit untuk menjaga mesin tetap beroperasi saat di kedalaman air.






Meriam Tiger diadopsi dari German “88″ flak gun yang awalnya digunakan sebagai meriam anti pesawat terbang. Meriam Tiger kemudian dikenal sebagai salah satu yang paling efektif dan menakutkan. Pernah dilaporkan bahwa Tiger mampu menghancurkan tank musuh pada jarak 1.6 km, meski sebagian besar duel selama perang dilakukan pada jarak yang lebih pendek.
Dengan segala desain yang dimiikinya, biaya produksi Tiger menjadi sangat tinggi. Selama perang hanya 1.355 Tiger I yang diproduksi. Bandingkan dengan Sherman (tank Amerika) yang diproduksi hingga 40.000 unit atau T-34 milik Sovyet dengan jumlah total 58.000.
Dalam pertempuran, Tiger dapat menghancurkan M4 Sherman milik Amerika dari jarak lebih dari 2.000 m. Sebaliknya, dengan sudut meriam 30 derajat, meriam 75 mm M4 Sherman tidak akan mampu menembus bagian depan Tiger dari jarak berapapun. Begitu juga dengan T-34 milik Sovyet yang dipasangi meriam 76.2 mm tidak dapat menembus Tiger dari depan pada jarak berapapun juga.
Dengan kekuatan meriamnya, Tiger mampu menghancurkan tank lawan pada jarak dimana si lawan tidak dapat merespon. Untuk menghancurkan Tiger, tank lawan mesti menyerang bagian samping atau belakang yang memiliki ketebalan lapis baja lebih kecil.
soal rekor tempur tank tiger boleh diancungi jempol, satu tiger dapat menghancurkan 18 tank rusia sekali pertempuran  dalam battle of krusk ,Tiger benar-benar mampu menimbulkan kegentaraan pada tentara lawan hingga menyebabkan ‘Tiger fobia’. Tank sekutu kadang lebih memilih kabur jika bertemu dengan Tiger. Saat pertempuran di Normandia, perlu dikorbankan 4-5 Sherman untuk merobohkan satu Tiger. Benar-benar dibutuhkan skill tinggi untuk mengalahkan Tiger.
Pada 7 July 1943, sebuah Tiger yang dikomandani Franz Staudegger mengklaim mampu melumat 22 buah T-34 milik Sovyet dari sekitar total 50 armada. Melihat kejadian itu, tank Sovyet yang tersisa akhirnya memilih kabur. Atas jasanya, Staudegger kemudian dianugerahi medali Knight Cross. Tidak hanya itu ada yang lebih gila lagi yaitu komandan tiger tank Michael Whittman yang berasil menghancurkan 119 kills

Tidak ada komentar:

Posting Komentar